USAID DAN ICCN TERBITKAN BUKU PENGEMBANGAN PUSAT KARIR





11 April 2018
Fulca Veda





Bandung, ICCN - USAID Higher Education Leadership and Management (HELM) bekerjasama dengan ICCN menerbitkan buku “PRAKTIK TERBAIK PUSAT PENGEMBANGAN KARIR PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA” tahun 2016 silam.


Penerbitan buku ini merupakan salah satu proyek yang dilakukan oleh USAID berkaitan dengan penguatan ketenagakerjaan di Indonesia. Sebagai produk dari program inisiatif Strengthening Career Development Center (CDC), buku ini dianggap penting mengingat masih sedikitnya buku-buku yang membahas tentang Pusat Pengembangan Karir di Indonesia.


Dalam kata pengantarnya, perwakilan USAID HELM, Andrea Bosch, Ph.D selaku Chief of Party menuliskan bahwa CDC berperan penting dalam menyiapkan mahasiswa untuk masuk dunia kerja.


“CDC berperan penting dalam menyiapkan mahasiswa dan lulusan untuk memasuki dunia kerja. Namun, keberadaan CDC tidak hanya membantu mahasiswa untuk mempersiapkan masa depan mereka tetapi pada akhirnya juga mempengaruhi minat calon mahasiswa baru dalam memilih sebuah perguruan tinggi,” tulisnya.


Setidaknya, ada lima pusat karir yang berkontribusi dalam penulisan buku ini; Institut Teknologi Bandung (ITB), Engineering Career Center Universitas Gadjah Mada (ECC UGM), Pusat Pengembangan Karir-Career Development Center Universitas Sriwijaya (CDC UNSRI), Student Advisory Center institute Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), dan Binus University Career.​


“Masing-masing pusat karir yang berkontribusi menulis disini memiliki keunikan tersendiri. ITB Career Center dan PPK-SAC ITS memiliki pusat karir yang telah berusia lebih dari 20 tahun, sehingga diharapkan dapat menginspirasi pengelolaan layanan karir, tracer study, dan berbagai peningkatan kompetensi lulusannya. ECC UGM dipandang sebagai katalisator perbaikan dari institusi UGM itu sendiri, dan BINUS dengan program layanan karir menuju Global Employability and Entrepreneurship,” ujar Presiden ICCN, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T. dalam sambutannya pada buku tersebut. (fv)