Tips Mengatasi Lowongan Kerja atau Rekrutmen Palsu





Syafriyadi Miftahul Munir
Human Capital
PT Brantas Abipraya



Para Pencari Kerja, sebaiknya tidak enggan untuk sedikit meluangkan sedikit waktu mencermati konten yang ada di hadapannya, terutama yang menyangkit investasi serta lowongan kerja. Jangan segan bertanya dan browsing berbagai saran dalam menemukan lowongan kerja yang tepat dan aman.


Berikut ini TIPS singkat utk mengetahui Rekrutmen Palsu (baik Loker maupun Panggilan Kerja) terutama bagi Fresh Graduate:

  1. Pastikan Saudara telah melamar sebelumnya pada Perusahaan yang memanggil (untuk berbagai posisi), jika perlu cari tahu darimana mereka mendapatkan data Saudara (ini merupakan modus lama mirip dengan penipuan undian berhadiah yang secara tiba-tiba muncul padahal kita tidak pernah mengikuti prosesnya sejak awal).
  2. Cek kembali alamat website/hosting dan email Perusahaan aslinya contoh website aslinya menggunakan www.ptxyz.co.id atau www.ptxyz.com tetapi Pelaku menggunakan website/hosting mirip namun berbeda guna mengelabuhi pelamar: www.ptxyz.id, www.ptxyz. email.com atau menggunakan web hosting dan Email gratis lainnya (Gmail, Yahoo, Hotmail dan sebagainya)
  3. Pastikan dan tanyakan ke perusahaan yang bersangkutan (hubungi Kantor Pusat Perusahaan) apa benar saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai.
  4. Pelajari lowongan pekerjaan (Loker) yang benar, beberapa ciri penipuan Loker biasanya ditemukan beberapa kejanggalan sebagai berikut: (a) Penyebutan Gaji/Salary di Loker secara terbuka (Salary bersifat Confidentia/rahasia terutama bagi Perusahaan Besar). (b) Posisi tidak sesuai dengan Kualifikasi, contoh: Loker Resepsionis/Customer Service Wanita Usia Maksimal 50 tahun (apa iya karyawan baru sbg Frontliner di sebuah Bank berusia 50 tahun yang kemungkinan sudah punya cucu). (c) Biasanya pelaku meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang tertentu ke rekening yang sudah disiapkan dengan alasan untuk pembelian tiket/ travel (ini modus lama). (d) Jika ada oknum yang secara terang-terangan sengaja meminta sejumlah uang dalam proses rekrutmen dan seleksi sebaiknya Saudara Laporkan ke Perusahaan mengenai Perilaku Oknum tersebut.
  5. Jika masih ragu, tanyakan kepada kerabat terdekat yang bekerja di perusahaan yang sama (jika ada) apa benar ada loker seperti yang Saudara terima.
  6. Jika Saudara telah menjadi korban dari penipuan ini sebaiknya melapor kepada yang berwajib agar pelaku dapat ditangkap dan dihukum sesuai dengan ketententuan yang berlaku.
  7. Silahkan Saudara sebarkan informasi ini agar kerabat yang Saudara kenal tidak menjadi korban berikutnya.

“Pekerjaan yang menjanjikan gaji dan fasilitas menarik adalah trik memikat calon tenaga kerja. Namun kewaspadaan para pencari kerja tetap harus jadi prinsip utama, apalagi di era digital, ketika banyak konten Hoax banyak bertebaran di dunia maya. "