Fulca Veda





Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T saat menyampaikan data terkait perhelatan Titian Karir ITB 2018 di Aula Timur ITB, Sabtu (17/3). (Dok. ITB Career Center/Fulca)



Bandung, ITB Career Center – ITB sukses mengadakan ITB Integrated Career Days hari pertama (17/2/2018) di Aula Barat dan Timur ITB. Sebanyak 6398 pengunjung memadati perhelatan Titian Karir ITB pekan ini.


Ketua Pelaksana ITB Integrated Career Days 2018, sekaligus Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T menekankan bahwa media sosial menjadi salah satu perantara membeludaknya pengunjung ITB Integrated Career Days 2018.


“Kami menyadari bahwa media sosial menjadi wadah dalam menyebarkan informasi terkait gelaran Titian Karir ITB tahun ini. Instagram dan Line adalah salah satu alat yang digunakan oleh lebih dari setengah pengunjung kami untuk mendapatkan informasi terkait pendaftaran, jadwal, serta perusahaan yang datang di ITB Integrated Career Days. Generasi saat ini sangat melek teknologi, rilisan media digital menjadi cepat didapat dan mudah dikonsumsi secara masal. Perkembangan digitalisasi ini tak hanya dirasakan dan direspon oleh kami dan para pengunjung Titian Karir ITB, tapi juga dirasakan oleh user peserta pameran yang didominasi oleh perusahaan digital dan e-commerce,” ujarnya.


Hal ini turut diamini oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof.Ir.Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc.,Ph.D. Menurutnya, lonjakan digital menjadikan Kampus Gajah ini untuk lebih responsive terhadap pola transformasi yang mampu mengubah banyak hal menjadi lebih cepat dan lebih mudah diterima oleh generasi millenial, termasuk informasi dan perkembangan pasar kerja saat ini.


Lonjakan digital menjadikan ITB harus lebih responsif terhadap perubahan ini. Banyak yang mengatakan bahwa kompetensi lulusan ITB masih belum dianggap pantas untuk transformasi kea rah digital, tapi tentu perkembangan teknologi adalah tantangan besar bagi kita semua. Rektor ITB menginginkan perubahan pada sistem belajar mengajar ke arah IT dan big data karena saat ini analisis big data turut menjadi aspek pengambilan keputusan,” jelasnya saat memberikan sambutan di Aula Timur ITB, Sabtu (17/3).


“Kami terus berupaya untuk memperkecil gap antara supply dan demand dengan menyediakan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan job market, tapi kami juga membutuhkan feedback dari perusahaan untuk terus memupuk perkembangan anak-anak lulusan ITB. Lebih jauh, terkait dengan Titian Karir ITB sendiri, kami mengapresiasi antusiasme yang tinggi dari pengunjung yang ternyata tak hanya dari ITB, tapi juga alumni dari luar kampus kami. Ini tandanya event ini sangat berguna dan dirasakan oleh banyak orang,” tambahnya.