Dr. Eng. Bambang Setia Budi



Samarinda, ICCN - Dalam rangka persiapan Summit ke-4 Indonesia Career Center Network (ICCN) yang akan dilangsungkan bulan Oktober 2019, perwakilan pengurus ICCN melakukan kunjungan ke Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, pada Sabtu hingga Senin (20-22/04/2019). Universitas Mulawarman Samarinda merupakan tuan rumah penyelenggaraan Summit ke-4 ICCN.


Rombongan pengurus ICCN yang melakukan kunjungan ke Universitas Mulawarman adalah Presiden ICCN Dr. Eng. Bambang Setia Budi, Sekjend ICCN Prof. Nuni Gofar, Kepala Pusat Karir Universitas Airlangga Dr. Elly Munadziroh (host Summit 2018 di Unair), dan Lastiko Endi (Ketua Panitia Summit ICCN 2018 di Unair).


Kunjungan ini bertujuan untuk mengadakan "sowan" dan pertemuan dengan pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Mulawarman, dan rapat koordinasi persiapan SUMMIT ke-4 ICCN dengan organizing committe yaitu Pusat Karir Universitas Mulawarman (UPT Perkasa) dan Pusat Karir Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Selain itu, agenda kunjungan lainnya adalah visitasi tempat dan ruang-ruang yang akan digunakan untuk Summit, sekaligus survey lokasi untuk visitasi industri dari para peserta Summit ICCN ke-4 di Samarinda dan sekitarnya atau di Kalimantan Timur.


Pertemuan dengan pimpinan perguruan Tinggi Universitas Mulawarman berjalan dengan lancar dan suasana akrab, ditemui langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Ir. Encik Ahmad Syaifuddin, MP beserta seluruh jajarannya termasuk khususnya dari Pusat Karir UPT Perkasa Universitas Mulawarman.





Rangkaian pertemuan ini menghasilkan kepastian tema Summit ke-4 ICCN, format acara, waktu/tanggal, tempat, ragam susunan acara, para pembicara yang akan diundang, skema pembiayaan, dan alternatif tempat untuk visitasi Industri di Samarinda dan Kalimantan Timur.


Tema Summit ke-4 ICCN di Universitas Mulawarman ini adalah "Peran Pusat Karir bagi Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan". Tema ini diangkat karena relevansinya dengan peran pusat karir dan perguruan tinggi khususnya pencetak sumber daya manusia di level pendidikan tinggi di wilayah Kalimantan khususnya Kalimantan Timur dengan isu yang masih dirasa sebagai hal yang sangat penting bagi kelangsungan sumber daya alam yang bekelanjutan.


Sedangkan untuk waktunya, disepakati untuk sebelum SUMMIT diselenggarakan program pelatihan Career Center Officer Program 1.0 yang dikenal dengan CCOP 1.0 pada hari Selasa-Rabu tanggal 15-16 Oktober 2019, kemudian Summit ke-4 ICCN itu sendiri pada hari Kamis dan Jum'at tanggal 17-18 Oktober 2019 dan ditutup dengan kunjungan industri pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2019.


Untuk kunjungan Industri pada Summit ke-4 ICCN, dilaksanakan sekaligus sebagai rangkaian kegiatan mengingat pentingnya visitasi, sekaligus mengetahui potensi lokal/daerah khususnya di Samarinda dan sekitarnya.


Summit ke-4 ICCN pada tahun ini cukup istimewa karena baru pertama kalinya akan diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Oleh karenanya, diperkirakan akan banyak peserta yang baru pertama kalinya berkunjung di Kota Samarinda dan sekitarnya. Karena Summit ICCN sebelumnya selama tiga tahun berturut-turut diselenggarakan di Perguruan Tinggi di Pulau Jawa, yakni di ITB Bandung (SUMMIT ke-1, 2016), IPB Bogor (SUMMIT ke-2, 2017), dan di Unair Surabaya (SUMMIT ke-3 2018).